2 Desember 2021 - 07:18 WIB | Dibaca : 422 kali

Bawa Pulang 2 Medali Emas, Inilah Alya; Atlet Muda Kebanggaan Kota Palembang

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, PALEMBANG : Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Selatan XIII Tahun 2021 di OKU Raya baru saja usai. Sebanyak 38 cabang olahraga (cabor) ditandingkan pada ajang olahraga tingkat provinsi ini.

Menempati urutan teratas, kontingen Palembang berhasil mendulang 120 medali emas, 98 perak, dan 123 perunggu, dengan total 341 medali.

Hasil yang begitu membanggakan, karena selisih perolehan medali jika dibandingkan dengan Musi Banyuasin yang berada di posisi runner up dengan total medali sebanyak 266, angka yang cukup jauh.

Pencapaian ini tentu merupakan hasil kerja keras para atlet, pelatih, dan ofisial sehingga mendapatkan hasil yang membanggakan.

Satu diantaranya adalah atlet muda berbakat kontingen kota Palembang cabor menembak, Alya Syadira (13), yang berhasil memboyong dua medali emas.

Raihan Emas diperolehnya dari nomor perorangan Air Rifele 10m Women Youth dan Air Rifele 10m Women Youth beregu yang digelar di Lapangan Tembak Yon Armed Martapura.

Alya yang turun di kelas Air Rifele Women Youth berada di peringkat ke-1 dengan selisih 1 poin dari rekan-rekan satu timnya, yakni Tiava Lyrna Poluan, Frauline Grazia Kilis dan merebut medali perak, serta perunggu. Untuk nomor beregu mereka bertiga berhasil meraih medali emas.

Baca Juga :  Bela Diri Penting: Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan Terus Meningkat

Atlet binaan pelatih Eva J. Poluan di Porprov XIII OKU Raya 2021 berhasil meraih total 9 medali emas, 7 medali perak dan 11 perunggu. Prestasi yang membanggakan bagi kota Palembang.

Alya yang kini masih duduk di kelas VIII SMPN 51 Palembang berlatih menembak semenjak masih duduk di kelas VII, prestasi yang kini diraihnya pun tak lepas dari dukungan kedua orangtua.

Menurut Pelatih Alya, Eva J Poluan, Alya memang tekun sekali dalam berlatih saat menghadapi Porprov XIII. Diakui Eva J. Poluan, para atlet menembak memang digenjot latihan setiap hari dari pagi sampe sore sebagai persiapan menghadapi Porprov XIII OKU Raya tahun ini.

Eva mengatakan, dari kacamatanya sebagai pelatih, Eva yakin Alya bisa keluar sebagai juara.

“Alya memang atlet berbakat, walau usianya masih 13 tahun tapi dia punya mental juara. Saya sudah prediksi ia akan mendapatkan medali emas di Porprov OKU Raya, dan itu terbukti dengan raihan 2 medali emas,” ujar Eva yang selalu menyemangati atletnya saat berlatih.

Baca Juga :  Herman Deru Tinjau Seleksi Daerah Seni Tarung Tradisi Jelang FORNAS 2022

Hal yang sama dikatakan Kepala Sekolah SMP Negeri 51 Drs. H. Yuprizal, MM tempat di mana Alya. Ia mengatakan Alya tidak saja berprestasi di bidang olahraga, prestasi Alya di bidang akademik pun terbilang cukup bagus.

Keberhasilan Alya tentu saja karena dukungan dari pihak sekolah. Yuprizal selaku Kepala Sekolah tak pernah ragu untuk memberi dispensasi bagi Alya manakala Alya mengikuti berbagai kejuaraan di dalam ataupun di luar kota Palembang.

“Saya apresiasi atas prestasi Alya yang bisa mengharumkan nama Kota Palembang dan SMP Negeri 51 Palembang, nanti saat upacara kita umumkan dan diberi reward atas prestasinya tersebut.” ujar Yuprizal.

Alya sendiri mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya hingga ia berhasil meraih 2 medali emas pada Porprov XIII OKU Raya tahun ini.

“Terimakasih orang tua saya yang mengantar saya berlatih setiap hari dan Kepala SMP 51 Palembang Bapak Yufrizal yang selalu memberikan izin kepada saya, serta rekan-rekan satu tim yang selalu support.” Kata remaja 13 tahun ini.

Baca Juga :  Bahas Strategi Organisasi, PII Sumsel Gelar Rapimwil

Tak lupa, Alya mengucapkan terimakasih kepada sang pelatih yang telah menularkan ilmu menembak dan telah mengantarkan Alya pada pencapaian yang membanggakan ini.

“Terimah kasih buat pelatih saya Eva J. Poluan yang telah mengajarkan saya ilmu menembaknya kepada saya. Tanpa dia, tidak akan bisa saya meraih 2 medali emas ini tanpa arahan dia. Dan terima kasih juga kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, support kalian membuat saya bisa mempersembahkan 2 medali emas untuk kontingen kota Palembang,” ucap Alya usai penutupan Porprov XIII di Danau Ranau, Minggu (28/11/21).

Komentar