Sabtu, 20 November 2021 20:34 WIB

Warga Terganggu Asap Hitam Incenerator, Ini Penjelasan Humas RSMH

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :316 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID, PALEMBANG : Beredar sebuah video singkat di media sosial Instagram yang memperlihatkan kepulan asap hitam tebal disemburkan sebuah cerobong ke udara.

Diduga, asap tersebut berasal dari pembakaran limbah di Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Terlihat pada keterangan yang tertulis, bahwa video tersebut merupakan kiriman dari seorang warga yang minta untuk diunggah, karena merasa terganggu dengan polusi yang ditimbulkan oleh pembakaran tersebut.

tolong repost pembakaran pembuangan sampah rsmh (muhammad husen) kmi warga meraso tergnggu dengan ado nyo polusi itu minn. Sumber @epaaylkr” tulis akun @sumselviral01 (18/11/21).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Departemen Humas RSMH Palembang Akhmad Suhaimi pun mengunggah video klarifikasi di akun Instagram miliknya @suhaimi.akhmad

“Perlu kami jelaskan bahwa RSMH Palembang sedang melakukan uji fungsi alat baru untuk pembakaran limbah (incenerator).” Terangnya.

Untuk diketahui, incenerator merupakan alat yang digunakan untuk membakar limbah dalam bentuk padat dan dioperasikan dengan memanfaatkan teknologi pembakaran pada suhu tertentu. Teknologi ini merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi timbunan limbah.

Baca Juga :  Dinkes Kota Palembang dan RS Siloam Bersinergi Vaksinasi Lansia

Akhmad Suhaimi kemudian menjelaskan, jika proses pembakaran limbah menggunakan incenerator tersebut pada 10 menit pertama akan menghasilkan asap hitam karena sampah yang dibakar dalam keadaan basah.

“Selanjutnya smokles dimana asap yang keluar tidak berwarna hitam menunjukkan bahwa incenerator bekerja dengan baik.”

Suhaimi kemudian mengatakan bahwa incenerator RSMH telah memenuhi standar kelayakan dari Dinas Lingkungan Hidup RI dan rutin melakukan uji emisi dan sampel setiap 6 bulan sekali oleh Badan Lingkungan Hidup dengan hasil “tidak melebihi baku mutu” alias aman.

“Masyarakat diharapkan tidak khawatir karena RSMH sangat konsen terhadap pembuangan limbah medis dan non medis yang dapat berdampak pada lingkungan.” Imbaunya.

Dapatkan update berita setiap hari dari SWARA.ID.
Mari gabung di sosmed SWARAID OFFICIAL untuk informasi terkini lainnya: https://linktr.ee/swaraidofficial dan Grup Telegram SWARAID OFFICIAL, caranya klik link https://t.me/swaraidofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Berita Lainya