Kamis, 31 Desember 2020 9:47 WIB

Walikota Palembang Resmikan Eks Gate Valve

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :389 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID – PALEMBANG, (31/12/20): Menjadi bagian sejarah di masa penjajahan Belanda, sebuah pipa transmisi dengan daya 9300 mm CI yang dioperasikan dari awal keberadaan PDAM Tirta Musi di Palembang sejak tahun 1928 kini dinobatkan sebagai tugu bersejarah Eks Gate Valve. Pipa transmisi yang awalnya digunakan sebagai pengisian tower di gedung Waterleiding yang saat ini merupakan Kantor Walikota Palembang kini di tempatkan tepat di depan gedung utama kantor PDAM Tirta Musi di Jalan Rambutan Ujung, Palembang.

Walikota Palembang H. Harnojoyo yang meresmikan tugu Eks Gate Valve dengan mebubuhkan tandatangan, mengungkapkan keberadaan tugu tersebut menandakan PDAM Tirta Musi telah mengalirkan air di sekitar kota Palembang sejak tahun 1928.

” Perlu kito abadike yang mengingatkan kita bahwa PDAM di kota Palembang sudah ada sejak 1928″

Dalam agendanya menyambangi kantor pusat PDAM Tirta Musi berbarengan dalam rangka pengesahan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun 2021 Perusahaan Umum Daerah PDAM Tirta Musi dan evaluasi kerja tahun 2020, Harnojoyo mengungkapkan masa pandemic Covid-19 tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan PDAM Tirta Musi. Dimana PDAM Tirta Musi dalam pencapaian target di 2020 mengalami kenaikan pendapatan hingga 135 miliar rupiah dari target yang dicanangkan sekitar 100 miliar rupiah.

Baca Juga :  Wikandaru : PT Pos Indonesia Ikut Serta Melajukan Pertumbuhan Ekonomi

“Semua perusahaan itu harus punya perencanaan, sehingga pada saatnya kita melaksanakan tidak akan simpang siur dan lebih efektif. Selain itu masa pandemi satu yang menggembirakan bagi kita bahwa PDAM keuntungannya bertambah, yang artinya dampak covid ini tidak begitu berpengaruh kepada perusahaan PDAM.” Jelasnya.

Lebih lanjut Walikota dua periode ini memberikan apresiasi atas kinerja dari PDAM Tirta Musi dimana dalam memenuhi kebutuhan air bersih di kota Palembang dalam tiap waktunya terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk di kota Palembang. Selain itu terkait dengan pengesahan RKAP PDAM Tirta Musi tahun 2021 Harnojoyo menilai sebagai langkah percepatan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan program-program yang dicananakan dapat mulai terealisasi di awal tahun nanti.

“Kita bersyukur juga kapasitas produksi dari PDAM, reproduksinya sudah melebihi dari produksi tapi yang menjadi permasalahan kita akan menekan tingkat kehilangan air.” Tambah Harno.

Di lain pihak, Direktur Utama PDAM Tirta Musi Andi Wijaya menjelaskan keberhasilan PDAM Tirta Musi dalam pencapaian target menurutnya didapat dari penghematan biaya yang dilakukan.

Baca Juga :  Penerima Bantuan Sosial Akan Berkurang Hingga 40 Persen

“Karena covid-19 ini beberapa pelanggan niaga kita seperti hotel, mall, itu tidak melakukan kegiatan. Sehingga air itu habis di kebocoran kita, sampai November ada sekitar 21% dari biasanya 18.8% pada tahun 2019 meningkat menjadi 21%.” Terangnya.

Lebih lanjut, terkait dengan langkah penekanan kehilangan air pihaknya akan melakukan perawatan terhadap pipa pipa utama pendistribusian air dan juga melakukan pengecekan.

“Kita melakukan dengan yang namanya rehabilitasi jaringan-jaringan air tua, kemudian kita melakukan pengecekan rutin, dan juga kita melakukan manajemen tekanan, jadi jika orang tidak membutuhkan lagi sehingga kita matikan pompa-pompa untuk mengurangi tekanan.” Tutupnya.

Komentar

Berita Lainya