oleh

Tindak Lanjut Kesepakatan ! Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin Kembali Bertemu

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :217 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (08/02/2021): Tindak lanjut atas MoU antara dua Kepala Daerah, Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin adakan rapat koordinasi membahas 6 dari 25 kesepakatan yang telah ditandatangani pada 26 Juni 2020 lalu.

Rapat koordinasi kali ini diantaranya adalah membahas rencana kerjasama pembangunan daerah penelitian dan pengembangan, kerjasama dalam pendistribusian beras, kerjasama penanggulangan bencana, perbatasan wilayah (tapal batas), administrasi kependudukan, serta kerjasama terkait tempat pemakaman.

Seperti yang dijelaskan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin H.M Senen Har, pertemuan yang diselenggarakan di ruang Parameswara Setda Kota Palembang adalah pembahasan realisasi atas kerjasama yang telah ditandatangani. Masuk juga dalam pembahasan terkait dengan perbatasan di Jakabaring yang mana terdapat pertemuan 3 tapal batas antara Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kota Palembang.

“Jadi silaturahmi saya dengan Sekda Kota Palembang untuk tindak lanjuti secara administrasinya.” Jelas Senen Har.

Oleh karena itu H.M Senen Har menyampaikan pentingnya mempedomani tapal batas yang telah ditandatangani oleh tiga Kepala Daerah tersebut, semisal yang digambarkan oleh H.M Senen Har terkait administrasi kependudukan dalam hal ini pentingnya sosialisasi dari OPD terkait, Camat dan Lurah agar kira mempedomani tapal batas yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Ambulan Viral, Kasat Lantas; Sementara Sopir Kami Periksa

“Kalau ini sama sama kita pahami dan kita ikuti barangkali tidak ada persoalan antara batas kota Palembang dan Banyuasin. yang menjadi harus kita pikirkan kedepannya, bagaimana kita membangun pembangunan yang di wilayah perbatasan ini, itu yang paling penting dan ini sudah dilakukan oleh Kepala Daerah masing-masing.” Terangnya.

Selain itu, terkait kepengurusan perizinan usaha antara Pemkab Banyuasin dan Pemkot Palembang, menurut Senen Har telah terjalin kerjasama antara dinas PMPTSP, seperti dengan melakukan pendekatan persuasif terhadap pelaku usaha di sekitaran perbatasan, seperti di daerah Opi diarahkan untuk melakukan pengalihan apabila telah teradministrasi perizinan di kota Palembang.

Ratu Dewa, Sekretaris Daerah Kota Palembang menjelaskan pada tahap awal ini ada 6 kerjasama yang akan diprioritaskan dari 25 kerjasama yang telah disepakati. Ratu Dewa menyebutkan untuk OPD terkait akan segera menindaklanjuti sebagai bentuk implementasi dari penandatanganan kerjasama antar Kepala Daerah.

Menyambung atas terkait administrasi kependudukan, Ratu Dewa menilai harus dilakukan secara bersama-sama antar OPD yang diharapkan dapat tertib atas administrasi dan dokumentasi kependudukan.

Baca Juga :  Program Perisai ; Upaya Pemerataan Sosial ke Seluruh Pekerja

“Nanti detailnya akan dibahas oleh masing-masing OPD, melalui perjanjian kerjasama termasuk administrasi kependudukan, juga akan menjadi tugas para Camat untuk mensosialisasikan agar kedepannya tertib administrasi nya dan tertib dokumentasi akan kita lakukan secara bersama.”

Komentar

Berita Lainya