1 Oktober 2020 - 04:13 WIB | Dibaca : 817 kali

Puan : Banyak Terjadi Rongrongan Terhadap NKRI

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

SwaraID – Palembang,  (01/10/20) :  Pancasila merupakan pilar ideologi negara Indonesia dan Burung Garuda merupakan lambang negara Indonesia sejak negara ini berdiri. Akan tetapi, tidak semua orang tau tentang arti dan makna Garuda  sebagai lambang negara. Sebagai bangsa Indonesia sepantasnya kita tau dan mengerti arti lambang negara kita sendiri sebagai sikap penghargaan terhadap perjuangan para pendiri bangsa dan kelak dapat menceritakan kepada anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa.

Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ketua DPR RI Dr.(H.C.) Hj. Puan Maharani membacakan ikrar;

“Pertama, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua, bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Ketiga, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia” demikian isi ikrar yang dibacakan ketua DPR RI Dr.(H.C) Hj. Puan Maharani.

Baca Juga :  Dinilai Melanggar Aturan; Wakil Walikota Palembang Gelar Bukber di Kediamannya

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila melalui Video conference ini berlangsung di Gedung Griya Agung Provinsi Sumsel. Selaku Inspektur  Upacara Presiden  Joko Widodo yang dihadiri oleh Gubernur  Sumsel H.Herman Deru beserta Wakil Gubernur M. Mawardi Yahya dan dihadiri langsung Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, Danlanal Palembang kolonel laut (P) Filda Malari, Danlanut Palembang kolonel Pnb Firman Wirayuda, Ketua DPRD Prov Sumsel RA. Anita Noeringhati, Ka. Pengadilan Tinggi Negeri H. Ali Makki, Ka. Kejati Dr.Wisnu Baroto, Para FKPD Provinsi Sumsel  didampingi oleh Plt. Asisten Pemerintah dan Kesra, Plt. Ka. Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Ka. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, serta  TNI/POLRI.

 

 

Komentar