12 Juni 2022 - 13:00 WIB | Dibaca : 239 kali

Greysia Polii Pamit; Memutuskan Pensiun Setelah 30 Tahun Berjuang

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, JAKARTA: Greysia Polii memutuskan pensiun setelah selama 30 tahun menekuni dunia bulu tangkis. Sejumlah prestasi membanggakan pun telah dipersembahkannya untuk Tanah Air.

Di acara perpisahan bertajuk ”Greysia Polii Testimonial Day” pada Minggu (12/6/22) di Istora Senayan Jakarta, Greysia Polii mengenang gelar juara Indonesia Masters 2020 yang diraihnya bersama Apriyani Rahayu di tahun 2020. Spesialnya gelar ini karena didapat di hadapan publik sendiri.

Pebulutangkis berusia 34 tahun ini mengatakan bahwa meraih gelar di Istora jelas merupakan impian mayoritas atlet Indonesia. Untuk itu, keberhasilannya melakukan itu otomatis menjadi salah satu momen terbaik di karirnya.

“Walau cuma satu kali, tapi itu adalah momen yang berharga buat saya sebelum saya menyatakan bahwa saya ingin berhenti menjadi atlet,” katanya dalam kata sambutan.

Atlet kelahiran Jakarta 1987 itu mulai menekuni bulu tangkis sejak usia lima tahun. Ia lalu masuk ke klub PB Jaya Raya sebelum menghabiskan waktunya selama 19 tahun di Pelatnas PBSI.

Baca Juga :  Pengukuhan Pengurus KONI Kota Palembang; Antoni Nurdin Optimis Berjaya di Porprov

Setelah mencapai berbagai prestasi, Greysia Polii pun memutuskan pensiun dari bulu tangkis setelah mencapai puncak karirnya dengan mendapat medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tahun lalu.

Ia menjuarai kompetisi bergengsi itu di ganda putri bersama partnernya Apriyani Rahayu. Medali emas dibawa pulang setelah mengalahkan wakil China Chen Qingchen/Jia Yifan.

“Kasih dan cinta dari indonesia, yang terus-menerus beri saya kekuatan. Hari demi hari saya terus memaksakan diri untuk setia memberikan mengeluarkan yang paling terbaik yang saya bisa,” ujar Polii.

Acara perpisahan Greysia dihadiri oleh beberapa tokoh penting. Di antaranya Menpora Zainudin Amali, Ketum PBSI Agung Firman Sampurna, dan Ketum KOI Raja Sapta Oktohari.

Atlet-atlet ternama seperti Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Hendra Setiawan, Wang Chi-Lin, Tai Tzu Ying (Chinese Taipei), Sapsiree Taerattanachai, Jongkolphan Kititharakul (Thailand), Wang Yilyu, Wang Dongping (China), Yuta Watanabe (Jepang), Misaki Matsutomo, Ashwini Ponnappa (India), Shin Seung Chan (Korea Selatan), dan Muralitharan Thinaah (Malaysia), juga ikut ambil bagian di acara ini. Mereka memainkan laga ekshibisi bersama Greysia Polii.

Baca Juga :  Takluk 2-1, Spanyol Relakan Tim Samba Sabet Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Merangkum berbagai sumber, berikut sejumlah prestasi yang berhasil diraih Greysia Polii:

1.Belum lama dipasangkan dengan Apriyani Rahayu, berhasil menjuarai France Open 2017

2.Tercatat sebagai runner-up di Indonesia Masters HSBC WTS 500 pada 2018 silam bersama Apriyani Rahayu

3.Meraih medali emas bersama Apriyani Rahayu di India Open HSBC WTS 500 2018

4.Lewat Thailand Open HSBC WTS 500 2018, Greys/Apri kembali jadi juara usai kalahkan ganda putri Jepang, juara Olimpiade Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi

5.Bersama Apriyani Rahayu meraih medali perunggu di ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Istora Senayan

6.Tertahan di semifinal BWF World Championship 2019, Greys/Apri bawa pulang medali perunggu dalam kejuaraan yang berlangsung di Basel, Swiss

7.Meraih medali Emas pertama bersam Apriyani di SEA Games pada tahun 2019 usai laga dengan wakil Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong

8.Gelar juara kembali diraih Greys/Apri dalam ajang Spain Masters 2020 setelah taklukkan wakil Bulgaria, Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva

9.Bersama Apriyani Rahayu bawa pulang medali emas di Thailand Open 2021

Baca Juga :  Protes Sekretaris Karang Taruna BA-I untuk Perusahaan Yang Tidak Support Kegiatan Peringati Hari Sumpah Pemuda

10.Membawa pulang emas di Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu

Komentar