11 November 2020 - 09:09 WIB | Dibaca : 386 kali

Giat Cipta Kondisi, Iptu A. Yani; 13 Pasangan kita Amankan

Laporan :
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID – PALEMBANG, (11/11/20) : Tim Gabungan Polrestabes dari Unit Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dan Tim Hunter Sat. Shabara melakukan Giat Cipta Kondisi atau Razia Penyakit Masyarakat (PEKAT) dibeberapa penginapan dikawasan Jalan Sukarela dan Jalan R. Soekamto Palembang.

Menurut informasi yang dihimpun oleh SWARAID, petugas menyusuri setiap penginapan yang berada dikawasan tersebut dengan menggeledah disetiap sudut kamar yang ada di penginapan.

Saat petugas menggedor kamar dilokasi tersebut, ditemukan ada pasangan bukan suami istri yang mencoba mengelabui petugas dengan menyimpan pasangan wanitanya dibawah kasur, Selasa (10/11/2020) sekitar pukul 02.00 WIB.

“Saya menginap sendiri pak.” ujar laki-laki yang berada dikamar tersebut. Namun petugas tidak percaya begitu saja dan langsung memeriksa kamar tersebut.

Lalu setelah dilakukan penyisiran petugas berhasil menemukan perempuan dikamar tersebut yang tengah bersembunyi dibawah kasur.

Saat dimintai keterangan, laki-laki tersebut berinisial DO (25) dan perempuannya berinisial EO (22) keduanya warga Palembang.

Selanjutnya petugas menggiring pasangan bukan suami istri itu ke Polrestabes Palembang untuk didata dan dimintai keterangan, karena tidak mampu menunjukkan identitas dan bukti hubungan keluarga.

Baca Juga :  Pelantikan Jabatan 2 Kasat dan Sertijab 2 Kapolsek di Mapolrestabes Palembang

Petugas kembali menyisiri penginapan di kawasan tersebut dan berhasil mengamankan 13 pasangan bukan suami istri.

Kasat Sabhara AKBP Sonny Triyanto melalui Kanit Tipiring Sat Sabhara Polrestabes Palembang Iptu A. Yani membenarkan hal tersebut dan menerangkan bahwa kegiatan itu dilakukan guna Giat Cipta Kondisi atau Razia Penyakit Masyarakat (Pekat).

“Ada 13 pasangan bukan suami istri yang terjaring Giat Cipta Kondisi, di dua penginapan di lokasi berbeda, yaitu di Jalan Sukarela, dan Jalan R. Soekamto Palembang.” Terang Yani pada Rabu (10/11/2020).

Tambah Yani, tiga belas pasangan tersebut akan didata dan dibina agar tidak mengulangi perbuatan lagi.

“Jelas disini kami akan panggil orang tua mereka, kemudian akan kami suruh buat surat perjanjian untuk tidak keluyuran malam-malam, apalagi berduaan didalam kamar tanpa ada ikatan resmi.” Jelas Yani saat memberikan keterangan kepada awak media.

Iptu A. Yani menegaskan bahwa Giat Cipta Kondisi tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tindak kejahatan seperti peredaran narkoba, minuman keras dan menciptakan situasi tertib serta kondusif di lingkungan masyarakat.

Baca Juga :  Awas Begal di Soekarno Hatta ! Pria Ini Sempat Kena Bacok

Komentar