oleh

Bangun SDM, Putra/Putri Muara Enim Akan Disekolahkan Pemda

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :237 kali | Durasi baca : 2 Menit

SWARAID-MUARA ENIM, (27/07/2021): Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Muara Enim. Pasalnya, untuk memenuhi Kebutuhan SDM di Bidang Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim, Pemkab Muara Enim bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat-Politeknik Transportasi Darat Indonesia (STTD-PTDI) dengan Pola Pembibitan akan menyekolahkan 32 putra/putri berasal dari Kabupaten Muara Enim.
“Tahun ini, kita dapat lima orang, nanti secara bertahap selama lima tahun sebanyak 32 orang,” ujar Pj Sekda Muara Enim Drs H Emran Thabrani MSi, Minggu (25/7).

Menurut Emran, bahwa saat ini, Pemkab Muara Enim melakukan kerjasama beberapa instansi dan sekolah tinggi dalam rangka untuk meningkatkan SDM ASN Muara Enim. Dan salah satunya adalah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat-Politeknik Transportasi Darat Indonesia (STTD-PTDI) dengan Pola Pembibitan untuk Pemenuhan Kebutuhan SDM di Bidang Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim.

Dalam kerjasama tersebut, lanjut Emran, Pemkab Muara Enim akan menyekolahkan putra-putri asal Kabupaten Muara Enim dan akan membiayainya hingga sampai selesai. Dan setelah tamat nanti, akan dikembalikan ke Pemkab Muara Enim untuk mengisi sesuai keilmuan yang mereka dapat.

Baca Juga :  Bersama BUMN, Sumsel Siap Beli Vaksin Sendiri

“Nanti uang muka dan biaya kegiatan non akademik Pemkab Muara Enim yang membiayainya, kalau kegiatan akademik pemerintah pusat yang membiayainya,” jelas Emran.

Sementara itu Plt Kadishub Muara Enim Ir Jerry Gunawan, mengatakan bahwa Pemkab Muara Enim akan menyekolahkan sekitar 32 orang putra/putri asal Kabupaten Muara Enim yang bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat-Politeknik Transportasi Darat Indonesia (STTD-PTDI) di Bekasi yang dibawa Kementrian Perhubungan dengan Pola Pembibitan.

Adapun syarat utamanya adalah harus dibuktikan dengan KTP dan KK Kabupaten Muara Enim dan tamatan dari SMK atau SMA jurusan IPA. Dan tahun ini, lanjut Jerry, sudah dilakukan penerimaan untuk kuota lima orang yakni dua orang diploma IV (D IV) Transportasi Darat Sarjana Terapan, dua orang DIII Manajemen Transportasi Jalan, satu orang DIII Manajemen Transportasi Perkerataapian. Dalam test tersebut mereka mengikuti pola seperti penerimaan umum, hanya saja syaratnya harus putra/putri Kabupaten Muara Enim yang wajib dibuktikan dengan KTP dan KK.

Setelah tamat, mereka wajib mengabdikan diri di Kabupaten Muara Enim dan itu juga merupakan salah satu syarat mereka untuk mengikuti program tersebut. Setelah tamat, mereka akan dikembalikan ke daerah, namun statusnya belum CPNS, tetapi pemberkasan akan diurus langsung oleh STTD-PTDI ke Kemenpan RI.

Baca Juga :  Mawardi Yahya Harapkan OPD Kelola Dokumen Arsip Secara Baik

“Kita sengaja pilih harus putra/putri Kabupaten Muara Enim, karena kita ingin membangun SDM Muara Enim dan mengabdi untuk Muara Enim. Jadi tidak ada alasan lagi mau pindah. Dan dengan pola ini, adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk mendapatkan SDM sesuai keahliannya,” tegasnya. (sumeks.co)

UMKM Kito - Solusi UMKM Go-Online

Komentar

Berita Lainya