24 Mei 2023 - 12:13 WIB | Dibaca : 319 kali

Produk Binaan Dinkop UKM Muara Enim Ditampilkan di Pameran MIPC Kemenkumham

Laporan : Febri
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, MUARA ENIM: Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim mengikuti Pameran Mobile Intellectual Property Clinic (MIPC) yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan (Kanwil Kemenkumham Sumsel) dari tanggal 23 s.d 26 Mei 2023 di Hotel Arya Duta Palembang.

Pameran yang mengusung tema ‘Perempuan Indonesia Kreatif dan Inovatif Ekonomi Tangguh’ dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dan dihadiri para Kepala Daerah dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumatra Selatan termasuk diantaranya Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Riswandar.

Dalam pameran tersebut, Pemkab. Muara Enim menampilkan produk-produk binaan dari Dinkop UKM Muara Enim diantaranya seperti olahan makanan ringan dari bahan pangan lokal, kopi semendo, cendera mata, sampai kain batik khas muara enim.

Berdasarkan informasi di lapangan, MIPC sendiri digelar sebagai wujud kontribusi pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional melalui upaya perlidungan dan pendaftaran kekayaan intelektual terkhusus di Wilayah Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki keberagaman dari potensi kekayaan alam, seni budaya, kearifan lokal, sampai kuliner.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Muara Enim Berharap Milenial Paham Manfaat Rempah

Asisten II berharap melalui penyelenggaraan MIPC ini dapat menimbulkan kesadaran dari berbagai pihak untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk intelektual serta banyaknya potensi kekayaan intelektual yang naik kepermukaan sehingga nantinya dapat berdampak pada peningkatan perekonomian secara luas.

Sementara itu, Husin Aswadi Kadinkop UKM Muara Enim yang turut hadir mendampingi Asisten II mengatakan, pihaknya akan terus membina, menggali dan menjaga kekayaan intelektual yang ada di Kabupaten Muara Enim karena menurutnya kekayaan intelektual dapat menjadi salah satu pilar penopang pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat dan itu bisa diaplikasikan di Kabupaten Muara Enim.

Komentar