4 September 2023 - 07:43 WIB | Dibaca : 302 kali

Polres Muara Enim Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi 2023

Laporan : Tim Swara
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, MUARAENIM: Operasi Zebra Musi 2023 yang digelar oleh Polres Muara Enim Polda Sumsel adalah sebuah upaya penegakan hukum dan keselamatan berlalu lintas yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, Operasi ini berlangsung selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 hingga 17 September 2023.

Salah satu tujuan utama operasi ini adalah meningkatkan kepatuhan masyarakat Kabupaten Muara Enim dalam berlalu lintas. Hal ini mencakup kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku.

Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Musi dipimpin oleh Waka Polres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan, SE, MSi, mewakili Kapolres Muara Enim AKBP Adi Supriadi, SH, SIK, MH , yang dikuiti oleh pejabat utama Polres Muara Enim, Kasubdenpom Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Personil Subdenpom Muara Enim, personil Polres Muara Enim, Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Muara Enim di Lapangan Mapolres Muara Enim, Senin (04/09/2023).

Kapolres Muara Enim AKBP Adi Supriadi, SH, SIK, MH melalui Waka Polres Muara Enim Kompol CS. Panjaitan, SE, MSi menerangkan Operasi Zebra Musi 2023 juga bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Dinas PPPA Muara Enim Gelar Pelatihan Aktivis Perlindungan Anak Terpadu

Pelanggaran lalu lintas seperti Pengguna kendaraan roda dua harus menggunakan helm standar SNI, Tidak diperbolehkan berboncengan lebih dari satu orang, menghindari pelanggaran jalur, tidak mengizinkan pengemudi di bawah umur untuk mengemudikan kendaraan, tidak boleh menggunakan knalpot bronk (knalpot bising) dan Pengemudi kendaraan roda empat harus menggunakan sabuk pengaman (seat belt).

Selain mengurangi pelanggaran, operasi ini juga bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas dapat menyebabkan kerugian material dan korban jiwa, dan operasi ini berusaha mencegahnya.

Keselamatan berlalu lintas menjadi fokus utama operasi ini. Upaya seperti penegakan hukum yang edukatif dan persuasif, serta teguran yang simpatik, dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Tema Operasi Zebra Musi 2023, yaitu “Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang kondusif menuju Pemilu Damai 2024,” menekankan pentingnya keamanan dan ketertiban lalu lintas dalam rangka mendukung pemilihan umum yang damai pada tahun 2024.

Dengan pemilihan umum yang akan datang, operasi ini berusaha untuk menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman dan tertib.

Baca Juga :  Hari ke-2 Gerak Jalan Indah yang Diadakan KNPI Diserbu Ribuan Manusia

Dengan pelaksanaan Operasi Zebra Musi 2023, diharapkan bahwa kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah Muara Enim akan meningkat, dan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas dapat berkurang, sehingga dapat mengurangi kerugian material dan korban jiwa.

Komentar