Selasa, 19 April 2022 21:12 WIB

Pemkot Palembang Gelontorkan Dana 64 Miliar Untuk THR dan Gaji 13

Oleh : | Editor : Egi Saputra
Dibaca :255 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID, PALEMBANG : Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan menggelontorkan dana sebesar Rp. 64 Miliar, terkait untuk THR dan gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN.

Hal itu dari hasil Rapat Koordinasi Pembahasan Pemberian Tunjangan Hari Raya akan dibagikan ke 4.000 pegawai di Rumah Dinas Walikota Jalan Tasik, Selasa (19/4/22).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, Pemkot akan memastikan THR dan gaji-13 dapat cair paling lama H-7 Idul Fitri.

“Diusahakan sebelum Lebaran, paling cepat H-10 atau paling tidak H-7 Idulfitri,” katanya.

Dewa menuturkan, jika Pemkot juga akan memberikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) sebesar 50 persen.

“Pihaknya juga berupaya untuk membayar TPP sebelum hari raya, meskipun rumus pembayarannya berbeda dengan THR dan gaji ke-13. Berdasarkan catatan BPKAD Kota Palembang, alokasi TPP mencapai Rp17 miliar. Sumber dananya berasal dari kantong pemda, yakni pendapatan asli daerah (PAD) yang tertuang dalam APBD Kota Palembang 2022,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Anggaran Daerah (BPKAD) Kota Palembang Zulkarnain menjelaskan bahwa alokasi THR dan gaji ke-13 untuk ASN senilai Rp. 52 miliar.

Baca Juga :  Desain Yang Aplikatif Untuk Pengembangan Pariwisata Pulau Kemaro

“Ada sekitar 14.000 ASN di Pemkot Palembang. Sementara sekitar Rp12 miliar untuk THR non-ASN,” jelasnya.

Dia membeberkan, jika saat ini pihaknya sedang mempersiapkan peraturan wali kota (Perwali) sebagai proses dari pencairan THR dan gaji ke-13.

“Perwali tersebut merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tahun 2022 tentang pemberian THR dan gaji ke-13. Di dalam perwali itu lah akan tercantum teknis pembayaran THR dan gaji ke-13. Adapun sumber dana untuk THR dan gaji ke-13 berasal dari dana alokasi umum (DAU) yang disalurkan pusat ke pemda,” paparnya.

Dapatkan update berita setiap hari dari SWARA.ID.
Mari gabung di sosmed SWARAID OFFICIAL untuk informasi terkini lainnya: https://linktr.ee/swaraidofficial dan Grup Telegram SWARAID OFFICIAL, caranya klik link https://t.me/swaraidofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Komentar

Berita Lainya