3 Oktober 2023 - 15:50 WIB | Dibaca : 349 kali

Kasus ISPA Naik, Dinkes Banyuasin Ingatkan Masyarakat Lakukan Protokol Kesehatan

Laporan : Maulana
Editor : Noviani Dwi Putri

Swara.id | Banyuasin – Akibat meningkatnya kasus kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi Sumatera Selatan yang salah satunya adalah Kab. Banyuasin, masyarakat kini dihantui akan bahaya penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) yang disebabkan oleh kabut asap yang kian hari semakin bertambah.

Diketahui, sejak September 2023 peningkatan kasus ISPA di Kab. Banyuasin mencapai angka 2.511, yang sebelumnya pada Agustus 2023 angka ISPA di Banyuasin berjumlah 1.355 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, Dr.dr.Rini Pratiwi, M.Kes melalui Kabid P2P, Eni Diana, Am. Keb. SKM menerangkan, dari laporan per minggu yang masuk ke Dinas Kesehatan Banyuasin baik dari puskesmas maupun rumah sakit daerah, kenaikan kasus ISPA yang terjadi di Kab. Banyuasin terjadi akibat dampak kualitas udara yang tidak sehat.

Selain karena tingginya intensitas debu akibat kemarau panjang, emisi karbon dari kendaraan bermotor dan pabrik, kabut asap akibat karhutla juga menjadi faktor utama meningkatnya kasus ISPA di Kab. Banyuasin.

“Memang ada peningkatan” kata Eni, saat dijumpai di ruang kerjanya, Senin (3/10/2023).

Baca Juga :  Wabup Banyuasin Hadiri Apel Siaga Bencana Kesiapan Penanggulangan Kebakaran 

Oleh sebab itu, sehubungan dengan surat edaran Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan tanggal 21 Agustus 2023 Nomor : 443.33/6701/VIII/Kes/2023 Perihal Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dampak Buruk Kabut Asap, Dinas Kesehatan Kab. Banyuasin telah melakukan langkah-langkah kebijakan untuk mengantisipasi dampak dari Kebakaran Hutan dan Lahan bagi kesehatan masyarakat.

“Kami telah membuat turunan surat edaran yang kan disebar kerumah sakit dan puskesmas untuk segera menindak lanjuti surat edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi, yaitu seperti Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan pakai sabun. memperbanyak minum air putih, dan menggunakan masker,” jelas Dia.

Dari itu, perintah daerah melalui Dinas Kesehatan Banyuasin menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, dengan menggunakan masker saat diluar rumah, mengkonsumsi makanan sehat dan memperbanyak minum air putih.

Komentar