16 Maret 2023 - 12:32 WIB | Dibaca : 228 kali

Jelang Ramadhan, Pemkab Muara Enim Pantau Ketersediaan Bahan Pangan

Laporan : Febri
Editor : Noviani Dwi Putri

SWARAID, MUARA ENIM: Pemkab Muara Enim gelar rapat koordinasi, monitoring ketersediaan dan harga 12 bahan pangan jelang bulan suci Ramadan 1444 H, di Ruang Rapat Serasan Sekundang, Selasa (14/3/23).

Rapat itu dipimpin oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim, Syamsiah diikuti oleh perwakilan Forkompimda serta beberapa Kepala OPD lingkup Pemkab Muara Enim.

Dia mengatakan rapat tersebut bertujuan untuk memantau harga dan evaluasi harga pangan pokok dan pangan strategis guna mengantisipasi terjadi kenaikan harga, memantau dan mengawasi komoditi di pasar.

“Rapat ini juga untuk mencegah terjadinya penimbunan oleh pedagang dan distributor/grosir, serta menjamin ketersediaan, distribusi, dan stabilitas harga 12 bahan pangan di Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Ketahanan Pangan Muara Enim, pemantauan di Pasar Muara Enim satu bulan jelang bulan puasa, stok dan pasokan 12 bahan pangan tersedia cukup.

Namun  menurutnya, hampir semua kebutuhan pokok masyarakat mengalami kenaikan harga diantaranya komoditi bawang merah, cabe besar, cabe rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, dan gula pasir.

Baca Juga :  Pj Bupati Muara Enim Ajak Masyarakat Bangkitkan Budaya Gotong Royong

“Hal yang sama juga didapat dari pantauan pada minggu kedua Maret, per tanggal 13 Maret 2023. Stok dan pasokan masih cukup namun beberapa komoditi masih mengalami kenaikan,” pungkasnya.

Komentar