oleh

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Kayuagung-Palembang

Oleh : | Editor : Noviani Dwi Putri
Dibaca :101 kali | Durasi baca : 1 Menit

SWARAID-PALEMBANG, (26/01/2021): Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Kayuagung-Palembang, hari ini (26/01) di Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan.

Ruas tol sepanjang 42,5 km ini merupakan bagian dari Jalan Tol Kapalbetung (Kayuagung-Palembang-Betung) sepanjang 111,69 km.

Hadir dalam acara peresmian tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

“Alhamdulillah, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 km sudah selesai, sudah rampung dan siap digunakan hari ini. Jalan tol ini poros terpenting dari Jalan Tol Trans-Sumatera.” Ujar Presiden saat memberikan kata sambutan.

Presiden kemudian menambahkan, dengan dibangunnya tol tersebut maka akan menghemat waktu tempuh hingga 75%, jarak tempuh dari Bakauheni ke Palembang yang berjarak 373 km yang biasa ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu 3-3,5 jam.

“Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75%. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan Lampung.” Terang Presiden.

Baca Juga :  Menjadi Manusia Silver untuk Membantu Menopang Ekonomi Keluarga

Saat ini, sepanjang 657 km ruas jalan tol di sepanjang trans-Sumatera telah dapat digunakan, 608 km dalam tahap konstruksi, 430 km memasuki persiapan kontruksi, dan direncanakan pembangunan untuk 1.297 km lainnya akan segera menyusul.

Presiden juga menjelaskan bahwa jalan tol tersebut bukan hanya menghubungkan antar wilayah antar daerah, tapi juga untuk membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatera, khususnya di Provinsi Sumatera Selatan, serta menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dan mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif. (setneg.go.id)

Peresmian jalan tol Kayuagung-Palembang di Gerbang Tol Kramasan tersebut ditutup dengan penandatanganan prasasti oleh Kepala Negara,

“Dengan mengucap Bismillaahir Rahmaanir Rahiim, Jalan Tol Kayuagung-Palembang, Kramasan saya resmikan pagi ini.” Ujar Presiden Joko Widodo. (antaranews.com)

Komentar

Berita Lainya